Sejarah Panama Era Amerika Terbaik

Sejarah Panama Era Amerika Terbaik

Bangunan Terusan Panama menandai dimulainya era baru dalam sejarah Amerika. Amerika sudah tiba sebagai kekuatan dunia, dan Terusan yaitu demonstrasi penting, dan bagian kekuatan itu. Kisah pembangunan Terusan Panama seharusnya menjadi bacaan seharusnya di sekolah kami. Ini yaitu kisah perencanaan yang luar lazim, kecerdikan, kerja keras, dan pengabdian.

Sampai saya sendiri, membaca seputar pembangunan Terusan Panama, saya tidak tahu apa pencapaian besar itu, dan hingga kini. Di era modernKU, yaitu abad ke-21, di mana agen judi online begitu banyak. Saya memandang gunung-gunung kecil diratakan dalam hitungan pekan, saya tidak menyadari bahwa malahan di zaman kini ini, pembangunan kanal seperti itu masih akan menjadi tugas yang monumental.

Dan itu malahan bukan keseluruhan cerita. Penaklukan Malaria, dan Demam Kuning, sendiri, yaitu prestasi yang tidak tertandingi, dan yaitu kisah tersendiri.

Jumlahnya mengejutkan. Dalam menggali apa yang dikenal sebagai Culebra Cut (lewat Culebra Mountain), 96 juta meter kubik tanah sudah dihilangkan; dan lebih dari 19 juta pound dinamit dipakai pada Cut, sendirian.

Sementara sebuah kanal melintasi tanah genting Panama dibayangkan oleh banyak orang, Prancislah yang sebenarnya merencanakan dan mulai menggali sebuah kanal pada tahun 1882.

Ferdinand de Lesseps, yang diandalkan membangun Terusan Suez di Mesir, yaitu kekuatan pionir di balik upaya membangun kanal di Panama. Ia merasa bahwa kanal bisa dibangun dan dioperasikan lewat pembiayaan swasta, bukan oleh pemerintah Prancis.

Padahal ia bukan seorang insinyur, ia bersikeras bahwa kanal permukaan laut dibangun, seperti Suez, bukan sebuah kanal dengan kunci. Ini rupanya yaitu kekeliruan besar, dan sesudah beberapa tahun penggalian, pada tahun 1885, dikerjakan perubahan desain yang menambahkan satu kunci pada kanal.

Di Suez, kanal dibangun di permukaan laut karena tanahnya berada di permukaan laut. Di Panama, ini berarti mewujudkan lembah kecil dengan memotong Gunung Culebra. Tugas mewujudkan \\”Culebra Cut\\”, seperti yang dikenal, rupanya benar-benar diremehkan, dan bahwa, bersama dengan kurangnya dukungan keuangan, dan lebih dari 20.000 kematian yang disebabkan oleh penyakit (Demam Kuning dan Malaria), hasilnya menyebabkan kegagalan. perusahaan Perancis, dan upaya Prancis, pada tahun 1889.

Perusahaan Perancis baru dibentuk pada tahun 1894, dalam upaya sia-sia untuk menyelesaikan kanal.

Pada ketika yang sama, Amerika sudah menyelidiki kemungkinan membangun sebuah kanal. Pada tahun 1899, sebuah komisi hasilnya memberi anjuran pembangunan kanal kunci di Nikaragua, bukan Panama. Presiden McKinley siap menandatangani RUU untuk memulai pembangunan kanal, tapi, ia dibunuh pada tahun 1901, sebelum ia bisa menandatangani RUU tersebut.

Pendahulunya, Theodore Roosevelt, juga seorang penganjur pembangunan kanal, dan terlebih tertarik pada proyek seperti itu sesudah insiden yang dipublikasikan dengan baik selama Perang Spanyol di mana kapal perang Amerika, Oregon, seharusnya melaksanakan perjalanan dua bulan sekitar Amerika Selatan, dari San Francisco, untuk bergabung dengan perang (yang hampir berakhir). Sebuah kanal diperlukan jikalau Amerika berharap menegaskan kekuatannya, dan melibatkan kelompok sosial dunia.

Tampaknya sebuah kanal akan dibangun di Nikaragua. Itu mendapat dukungan dari politisi, dan warga negara lazim, sama. Tampaknya dadu itu dilemparkan, hingga perusahaan Prancis baru menawarkan untuk menjual kepemilikan mereka di Panama untuk 40 juta dolar, ketimbang harga permintaan absah mereka 100 juta dolar.

Harga yang lebih rendah membuat pembangunan kanal di Panama lebih praktis ketimbang di Nikaragua. Butuh upaya besar untuk merubah pikiran orang Amerika, dan menerima dukungan untuk Terusan Panama, tapi, hasilnya, pada tahun 1902, dana disahkan untuk membangun kanal di Panama.

Pembangunan kanal di Amerika tidak dimulai hingga tahun 1904. Sementara itu, Amerika Serikat berupaya untuk mendiplomasi perjanjian dengan Kolombia untuk membangun sebuah kanal di provinsi Panama. Namun bernegosiasi dengan yang tidak stabil, dan senantiasa berubah, pemerintah Kolombia rupanya mustahil. Pada tahun 1903, Panama mengucapkan kemerdekaannya dari Kolombia, dengan dukungan kekuatan militer Amerika. Pada tahun 1904, kongres Amerika meratifikasi perjanjian dengan pemerintah baru Panama yang membuka pintu untuk pembangunan Terusan Panama. Sejarah Panama selamanya terikat dengan sejarah era Amerika.

Pembangunan Terusan Panama dimulai pada tahun 1904, dan secara sah selesai pada bulan Agustus 1914. Fakta bahwa kanal tersebut sudah bertahan selama lebih dari 92 tahun yaitu bukti ketrampilan para pembangunnya; kita cuma perlu memandang foto-foto gerbang kunci, lalu, dan kini, untuk mengetahui bahwa itu yaitu yang terakhir.

Rekayasa dan konstruksi kanal, malahan dengan standar modern, yaitu keajaiban yang tidak tertandingi. Tidak diragukan lagi, ia layak mendapat tempat abadi sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern, dan tempat yang selayaknya dalam sejarah era Amerika.

Ada banyak buku sejarah baik yang menceritakan segala kisah Panama, dan pembangunan Terusan. Seandainya cerita itu dihasilkan menjadi film, itu akan menjadi kisah yang menarik, dan mengangkat seputar kecerdikan, keberanian, dan kejayaan manusia.